Selasa, 27 Agustus 2013

CATPER Pendakian Semeru 16-22 Agustus 2013 1/5


 Part 1/5 (Background, Who and Concept)
               
          Semeru merupakan gunung tertinggi yang berada di pulau jawa dengan ketinggian 3676 mdpl.  Gunung yang  masih akti ini berada di kabupaten malang dan berada di wilayah TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) yah bersebelahan dengan sodaranya gunung Bromo. Gunung semeru ini  sudah menjadi primadona bagi para pendaki karena ekosistemnya masih terjaga dengan baik. Ranu Kumbolo, Tanjakan cinta, Oro-Oro rombo, dan puncaknya mahameru merupakan tempat yang menakjubkan untuk dikunjungi.

Akhirnya kami menuju Semeru dan  Kenapa memilih semeru??

4 Remaja berkebangsaan Indonesia yang baru saja menyelesaikan program diploma 3nya mempunyai keinginan untuk berdiri di Mahameru, ya mahameru. sebagai pengingat bahwa kami telah menempuh jalan yang cukup berat untuk sampai disana dan tentunya mengibarkan bendera merah putih.
Bagi saya sendiri kenapa memilih semeru??  Sudah lama saya ingin pergi ke Semeru  tapi karena banyaknya halangan seperti waktu, kesempatan dan tentunya biaya akhirnya konsep – konsep Semeru tidak ada yang terealisasikan, sampai akhirnya sekarang bisa diwujudkan setelah menyelesaikan program diploma 3 saya. Ya Keinginan untuk melihat, mendengar dan merasakan Mahameru pula lah yang menjadi motivasi cukup besar untuk menyelesaikan Proyek Akhir saya. Ditengah kegalauan akademis dan ehem asmara juga keinginan itu jugalah yang menjadikan saya cukup tegap untuk berdiri. Selain itu setelah melihat mendengar dan merasakan perjalanan menuju puncak Ciremai dan Slamet jugalah yang membuat saya yakin untuk pergi ke Mahameru.
“bukan hanya sebuah pengetahuan tapi juga prakteknya dan pengalamannya yang membuat manusia yakin akan kemampuannya”  
Kalo saya membahas semeru jadi teringat dengan novel 5cm. Novel yang saya baca sekitar 2 tahun lalu yang cukup memberikan sebuah motivasi dan sudut pandang kehidupan bagi saya.  5 cm di depan kening kamu!!  jadi ingat juga quoetes” nya  

 

 “Spectacular .. Spectacular …  yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah hanya tinggal mempercayainya .. “

 

“Impian, Cinta dan Kehidupan  Sederhana tapi luar biasa .. ada dalam diri setiap manusia jika mau meyakininya”

“ … Keajaiban mimpi, Keajaiban Cita-cita dan Keajaiban keyakinan manusia tak terkalkulasikan dengan angka berapa pun ..”

                Kalo sekarang pastinya lebih terkenal dengan filmnya dibanding sama novelnya, tapi menurut saya lebih berkesan baca novelnya, thanks Bang Donny.
                

Jadi siapa yang ikut ke semeru??

Siapa sajakah pelaku sejarah mahameru untuk dirinya sendiri ini,,, 
4 orang yang kurang beruntung karena kehabisan tiket kereta keberangkatan bandung – malang.
4 orang yang kurang beruntung juga karena summit dengan cuaca yang ekstim
4 orang yang kurang beruntung juga karena sekali lagi hampir merasakan hal buruk
4 orang yang kurang beruntung juga karena tiket pulangnya malah dapat kelas eksekutif.
Tapi kami
4 orang yang beruntung karena  dapat mencapai Mahameru
4 orang yang beruntung juga karena sekali lagi dengan pengalamannya dapat berbagi dengan orang lain
4 orang yang beruntung juga karena dengan pengalamannya dapat mengurungkan niat muncak pendaki lain
4 orang yang beruntung juga karena berpapasan dengan cewe dengan sweter merah berambut panjang manis.. hayooo hahaha..  :D

Here we are..
Proudy present ..
1.   Muhamad iqbal alias ibenk. Perawakan tinggi kurus dengan record mendaki semeru sebanyak 1 kali. Dia guidenya sekaligus ketuplaknya.

Ibenk

2.       Ade Rachman. Berkacamata perawakan lebih pendek dari pada ibenk dengan tubuh yang berisi. Nggak ada rencanana yang terstruktur sama dia. Kali ini dia planner dan  Danpur

Ade


 3.       Saya sendiri Deni Gumilar . Perawakan pendek dan kecil. Kali ini jadi Documenter pendakian

Deni

 4.       Meerza Maulanaa allias Jawa. I don’t have any idea with him .. haha
Jawa



Jadi Konsepnya gimana nih ??

            Pada awalnya konsep pendakian ini diragukan, kenapa? Data terakhir yang saya baca dari tweetnya Info Gunung 5000 pendaki memenuhi kawasan TNBTS dan parahnya lagi nggak bisa summit karena pihak TNBTS melarang melarang para pendaki untuk melakukan summit.
        Hal tersebut cukup membuat kami cemas dan hampir memutuskan tujuan pendakian ke gunung merbabu. Tapi yang namanya tekad udah bulat dan yakin nggak peduliin hal itu dan nekad sesuai rencana awal Mahameru, kalaupun nggak bisa summit pindah haluan ke gunung bromo. oke jadi sket systemnya seperti ini..




























0 komentar:

Posting Komentar