Selasa, 17 Juli 2012

HMTP (Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan)





POLMAN ( Politekik Manufaktur Negeri Bandung ) Jurusan Teknik Perancangan,, ya dsinilah saya sekarang berada sebuah politeknik hasil jebolan kerjasama antara pemerintah swiss dan pemerintah Indonesia tahun 1976, tapi bukan mengenai Polman yang akan saya bahas, jauh lebih dalam yakni “Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan” nya,,
,,
Jika pertama menjadi seorang Mahasiswa Baru (MABA) mungkin ini yang akan menjadi kata-kata ngawur dari mereka kalo ditanya mengenai HMTP.

Q: Kang kalo HMTP itu apa?
A: Himpunan Mahasiswa Terancam Punah, Himpunan Mahasiswa Tanpa Pasangan, Himpunan    Mahasiswa blablabla ,,,  sambil tersenyum,,
Q: kenapa disebut seperti itu??
A: Kamu juga akan tau nanti. ( mungkin saking ngerinya gak bisa dideskripsikan??)

                Dan setelah 3 semeter menghadapi, menghayati dan memahami setiap cobaan yang ada di jurusan ini. "terancam punah" memang pendekatan yang terbaik,, haha.Tapi kembali ke topik awal .. apa itu HMTP??
          HMTP merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan dari Politeknik. HMTP ini berdiri sejak 18 Juli 1998.

Tujuan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan adalah memupuk dan membina rasa persaudaraan dan kekeluargaan dilingkungan kampus.
  1. Tujuan internal dari HMTP adalah memupuk dan membina rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar anggota HMTP.
  2. Tujuan eksternal dari HMTP adalah memupuk dan membina hubungan baik dengan seluruh civitas akademika.

Fungsi Himpunan Teknik Perancangan adalah sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi dan kreatifitas anggota yang mampu membawa kemajuan bagi organisasi dan institusi.

Keanggotaan Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan adalah seluruh mahasiswa Teknik Perancangan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung yang memenuhi “syarat”.
 Berjalan dengan waktu tonggak kepemimpinan himpunan ini silih berganti,, banyak pertumpahan suara yang dikorbankan untuk mendapatkan posisi ini hingga terjadinya “sooftskill politic” dari calon-calon pemimpin. #hiperbola pisan haha.

Dari yang saya tahu berikut ketua-ketua HMTP dari angkatan 2009:
2009: Fauzul Nugraha
2010: Zamzami
2011: Gia Haryza

Meskipun sang ketua memiliki wewenang tapi tetap saja kedaulatan tertinggi itu ada di tangan anggota HMTP.. demokrasi yoo

Hal yang membedakan HMTP ini dengan Himpunan yang lain yaitu logonya. Berdasarkan catatan yang ditinggalkan oleh sesepuh HMTP, logo HMTP ini mengalami 4 kali perubahan yaitu:





 Dari logo terakhir HMTP adapun arti dari logo tersebut. Yaitu:

Arti Lambang :
TULISAN HMTP            : Menegaskan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Perancangan, ditulis dengan huruf kapital jenis ISO menunjukan kestandarisasian.
GAMBAR SILUET    : Menunjukan bayangan seorang yang sedang menggunakan meja gambar       menerangkan kegiatan utama Mahasiswa Teknik Perancangan.
TULISAN DESIGN        : Menegaskan Jurusan di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung 
ENGINEERING                bagi para anggota serta pengurus HMTP 

Arti Warna :
WARNA COKELAT      : Melambangkan reliabilitas* dan kenyamanan.
WARNA KUNING        : Melambangkan persahabatan yang juga erat maknanya dengan      pencerahan dan intelektualitas serta semangat untuk maju.
WARNA PUTIH             : Melambangkan kemurnian dan kesucian
WARNA HITAM            : Menegaskan sifat yang elegan dan eksklusif

Selain memahami arti dari lambing HMTP itu, mahasiswa baru diwajibkan untuk menggambar lambing HMTP sendiri  dengan ukuran yang sudah di standarkan. Ya kaya gambar di bawah ini.. kebetulan yang gambar nih logo koin 13 angkatan 2005. # kaka koin saya tuh





Gambar logo HMTP beserta ukuran proporsional
yang telah disempurnakan untuk dijadikan standarisasi


Pergantian masa jabatan kepengurusan HMTP dilaksanakan pada bulan juni. Dengan begitu pada saat rapat anggaran kemahasiswaan yang menyusun program tahunan adalah kepengurusan yang baru.

















1 komentar:

  1. Terimakasih kang, karena blog akang saya bisa mengerjakan tugas mkmp2017 dengan mudah dengan menjadikan blog ini sebagai referensi ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus